Minggu, 14 April 2013

deep condolences for lion air incidents

Kemarin pas lagi di beijing tau tau lihat dispaly picturenya seorang teman yang masang foto badan pesawat lion air di laut dengan gambar ogoh ogoh diatasnya.kirain mereka lagi bikin jokes soal airlines yang satu ini, ternyata beneran ada incident yang menimpa airlines berlogo singa terbang ini..
Buat saya pribadi sangat ga lucu sebuah musibah dijadiin bahan becandaan..
Kebayang gak kalo orang yang kita sayang ada di dalamnya dan kita ngeliat orang becandaan soal musibah ini?

Buat saya yang seorang aircrew pergi bekerja itu saatnya memasrahkan nyawa sama yang maha pencipta..
Kenapa?
Karena begitu kita lepas landas, kita ga bisa kabur kemanapun..

Well, sekarang coba deh kita bahas kecelakaan ini dari sudut saya sebagai seorang awak kabin :

1. Pesawat sudah siap untuk mendarat tapi overshoot sampai kelaut..harusnya kokpit ngasih aba aba "brace for impact" biar semua orang siap menghadapi benturan.
2. Apa yang dilakukan sama crew lion air harus diapresiasi..kenapa? Ga ada korban yang keginggalan dipesawatkan waktu evakuasi? Ini menunjukkan bahwa mereka sigap..
3. Seri pesawat yang dipakai itu 737 800 NG sama kaya yang airlines saya pakai
..kemarin di foto yang beredar, pintu belakang dibuka..padahal harusnya di block..kenapa? Kalau dilaut lepas beneran hang ada sebelum 90 detik udah tenggelem itu pesawat.

Nah sekarang sedikit tips buat para penumpang biar siap tiap naik pesawat
1. Matiin deh itu gadgets setiap udah masuk pesawat..gadget itu membuat kita ga konsentrasi saat take off dan landing.inget masa kritis pesawat itu 3 menit sebelum take off karena mesti ngabgkat badan pesawat dan 8 menit sebelum landing untuk membuat pesawat kembali di daratan dan meluruskannha dengan landasan pacu..kalau kita anteng begitu keadaan darurat kita siap.
2. Lakuin one minute silent review yang isinya dimana posisi kita? Pintu terdekat mana yang mugkin diraih? Kalau dekat jendela darurat ingat kembali omongan mugarinya..gimana cara bukanya dan kapan boleh dibuka..
3. Berdoa, karena di pesawat kalian ga bisa Kabur kemanapun..

Selamat terbang semua..safe flight and happy landing :)


1 komentar: