Selasa, 28 Agustus 2012

Syarat jadi pramugari


Profesi pramugari sekarang sudah banyak digandrungi oleh gadis gadis belia ibukota..
Alasannya klise, biar bisa jalan jalan gratis tapi ga pernah benar benar menegerti apa kerjaannya..
Jadi pramugari itu bukan cuma perkara cantik,tinggi,langsing dan bisa hahahihi aja..
Ada banyak hal yang ga pernah mereka (orang yang akan terjun kedunia penerbangan) pikirin..

Kalau menurut definisi sendiri..

Pramugari adalah staf/karyawan perusahaan penerbangan yang melayani penumpang terutama keamanannya. Fungsi selanjutnya adalah melayani penumpang dan memberikan kenyamanan pada mereka. Pramugari adalah anggota dari awak pesawat. Istilah pramugari digunakan untuk staf perempuan, sedang sebaliknya untuk staf lelaki adalah pramugara.

Para pramugari dan pramugara selama dalam perjalanan penerbangan secara bersama-sama merupakan “awak kabin” (“cabin crew”), sementara para pilot (di kokpit) dan para teknisi memperhatikan aspek-aspek teknis penerbangan.
Tanggung jawab utama para awak penerbangan adalah keamanan penumpang dan siap siaga dalam keadaan darurat. Hal ini diikuti dengan tugas rutin pelayanan penumpang seperti menyediakan makanan dan minuman di pesawat, dan memenuhi kebutuhan individual para penumpangnya. Peran ini terkadang menjadikan konflik ketika mereka harus meminta seorang penumpang yang telah minum minuman beralkohol terlalu banyak untuk berhenti, atau untuk meminta penumpang memasang sabuk pengaman, duduk, atau meminta mereka mengikuti prosedur keamanan pesawat.
Coba itu dibaca..poin poin yang harus diperhatikan adalah melayani..
Dan terkadang yang membuat orang yang akhirnya terkaget kaget dengan pekerjaan ini adalah TERNYATA PEKERJAAN INI TIDAK MUDAH LHO..
Menjadi pramugari artinya kita harus siap melayani dengan tulus,ga pake ngedumel..karena yang membayar kita pada dasarnya bukan perusahaan tapi penumpang..
Jadi pramugari harus siap mengorbankan kehidupan sosial kita karena jadwal yang ga keruan..kadang pagi kadang malam,orang kerja kita libur, orang tidur kita lembur :p
Jadi pramugari juga harus siap menghadapi orang dari berbagai kalangan..orang menengah keatas orang menengah kebawah..siapapun mereka,saat ada didalam pesawat, mereka adalah tamu kita yang harus kita hormati dan kita layani dengan baik..
Ingatkan slogan salah satu product komersial yang bilang "kesan pertama begitu menggoda selamjutnya terserah anda" jangan berfikir slogan ini sebagai sesuatu yang negative yaaaaah..yang ingin saya maksudkan hanya : kesan kita pada orang yang anggap saja baru pertama kali naik pesawat pasti akan membekas di benak mereka..
Contoh kasus yang terjadi pada saya dan keluarga adalah Karena biasa naik Airlines burung yang bagi bagi mainan kalau ada anak kecil,akhirnya ketika suatu hari kita ga kebagian tiket si airlines burung dan mutusin naik yang lain,ponakan saya langsung minta mainan dengan sang pramugari dan karena airlines mereka ga nyediain,ponakan saya cuma komentar "besok lagi jangan naik ini..ga enak,ga dapat mainan"
Sama juga dengan penumpang dewasa yang kalau kita ramah mereka senang,kita jutek,beritanya saampe kemana mana..bagus kalo ga complain, nah kalau complain? Peer deh harus menghadap chief :P
Jadi intinya sih kalau mau jadi pramugari ini syarat yang harus dipenuhin :
1. Bersiaplah buat menghilang dari semua acara sosialisasi yang kalian punya..karena skejul kita biasanya ga pernah match sama orang orang diluar airlines
2. Bersiaplah buat ngayain hari besar ga sama keluarga..entah ukang tahun entah hari hari keagamaan..kalau semua orang nuntut libur di hari raya siapa yang mau nerbangin pesawat?
3. Ingatlah kalau nggak semua orang yang naik pesawat itu orang yang berpendidikan tinggi atau sudah biasa naik pesawat..Jadi siap siaplah untuk nemuin toilet (lavatory) dalam keadaan kotor,belum di flush ada pup yang tidak di flush..siapa yang harus bersihin? Ya kitalaaaah siapa lagi coba yang kerja dipesawat itu kalau bukan kita..
4. Siapkan hati dan pikiran yang penuh dengan stok sabar..karena terkadang penumpang kalau salah bisa lebih galak dari herder tetangga lho..padahal kita cuma ngasih tau yang bener..inget aja tipikal orang asia pada umumnya..GA SUKA DIGURUIN..
5. Siapkan ilmu ngeles yang smooth sampe sampe kita sendiripun ga sadar kalau kita lagi ngeles..ilmu ini kadang berguna lho buat ngeredam kemarahan..
6. Kudu pinter at least cerdaslah..karena buku safety itu tebel ya ngalah ngalahin buku mushasi dan yang paling buruk adalah harus hapal isinya..kenapa? Karena hapalan it bisa jadi penyelamat kalau ada kejadian darurat
Nah kalau 6 poin ini sudah dipenuhin ada banyak reward yang bisa di dapat..
1. Tidur di hotel bagus dan ganti ganti lho setiap hari
2. Jalan jalan keliling indonesia atau bahkan ke luar negeri yang selama imi di impi impikan..
3. Update soal trend dunia..maklum kiblatnya kemana mana :D
4. Syukur syukur nemu jodoh buat yang jombl

Soo..goodluck buat kalian semua yang sedang ingin jadi pramugari..semoga kalau sudah jadi pramugari tetep inget kalau fungsi utama kalian itu buat keselamatan bukan cuma buat dipajang 

1 komentar: