Sabtu, 15 November 2014

Tukang Tiket


Ini pasti pernah dirasain sama semua orang yang kerjanya jadi pramugari, entah itu dari keluarga, teman deket bahkan sama orang yang baru kenal sekalipun. Pertanyaan yang keluar ga jauh jauh dari : bisa cariin tiket murah gak?, harga tiket ke sini berapa?, eh penerbangan kesini tuh ada jam berapa aja sih?Banyak orang yang nggak ngerti atau pura pura ga ngerti atau bahkan menganggap bahwa pramugari pun ikut serta di penjualan tiket, padahal cuma sedikit pramugari yang hapal jadwal pesawat ke suatu tujuan, jarang pramugari yang hapal jadwal take off dan landing tiap jurusan, kecuali mereka memang sedang terbang ke rute dan tujuan yang dimaksud.
Jadi pramugari bagaikan jadi orang ticketing yang ngerti soal harga. Belum lagi paksaan nyariin tiket murah, begitu dibilang ga ngerti dikatain pelit dan ga mau bantuin orang. Ada juga yang keukeuh surekeuh minta dikabarin kalau ada tiket murah. Padahal semua fasilitas itu udah ada di website maskapai yang dimaksud. Ada juga mesin pencari yang bisa ngebandingin banyak harga tiket dari berbagai maskapai. Sebut aja wego atau traveloka yang selalu muncul paling atas di seach engine mbah google. Tinggal pilih yang sesuai kemampuan dan kantong. Kadang, kalau pas emang tau ada travel fair atau apalah, mereka minta lagi ditemenin, alasannya kalau pergi sama pramugari maskapainya siapa tau dikasih murah. Alasan yang sama sekali ga masuk diakal menurut saya cuma mau gimana lagi, namanya juga kenal sama orang maksa ini.
Di musim menjelang lebaran dan liburan lebih parah lagi, semua orang yang kenal langsung ataupun teman kantornya orang tua ikut ikutan nyari tiket ke saya. Sampe kepikiran, apa saya buka travel agent aja kali ya..saya yakin mereka pasti percaya kalau tiket disana jauh lebih murah. Padahal sama aja.Pernah satu kali saya disuruh beliin tiket buat seorang temen yang mau mudik lebaran sama keluarganya, dapat harga lebih murah karena emang ada promo di kalau beli online di website maskapai yang dia mau dan kebetulan maskapai itu tempat saya kerja. Alhasil, dari awalnya cuma issued empat tiket jadi dua belas tiket.

kenapa saya bahas ini?
hari ini saya di tanya sama dua orang teman yang lagi nyari tiket buat acara kantornya keluar negeri, anyway karena sekarang konon kabarnya pegawai negeri udah ga bisa naik full fare airlines dan cuma bisa naik LCC semua orang jadi kelabakan nyari tiket yang murah..







3 komentar:

  1. Maaf, garuda kan punya pemerintah. Berarti semua yang kerja disana dari pilot sampai tukang bersih-bersih jadi pegawai negri sipil ya?

    BalasHapus
  2. Pegawai BUMN mba.. Berbeda dg PNS..

    BalasHapus