Sabtu, 31 Agustus 2013

A to Z tugas pramugari1

Hari ini mumpung saya libur dan mumpung saya ingat saya mau share ah tugas tugasnya pramugari mulai dari pre flight sampai piat flight..Supaya nanti untuk kalian yang mau jadi pramugari di airliness full service kaya saya nggak kaget dan tau tugas utamanya..

Menjadi seorang pramugari artinya bersiap lebih lama daripada penumpang..
Saya biasanya bangun empat jam sebelum estimaed time departure atau jam take off..kenapa lama amat?
Soalnya jemputan bakalan nangkring di depan rumah saya tiga jam sebelum etd..mandi dan siap siap makan waktu sekitar satu jam..
Sampai ke operation centre atau flop atau di garuda di sebut sebagai GOC seorang pramugari harus melakukan check in Di crewlink yang menandakan kalau orang yersebut sudah hadir..ya macam otomat machine di kantor kantorlah...
Kalau sudah, sejam sebelum etd kita sudah harus ke pesawat dan mempersiapkan pesawat tersebut agar penumpang yang akan naik merasa nyaman..
Mempersiapkan pesawat bukan berarti mungut sampah ya..kalau itu sih sudab ada cleaner yang melakukannya..
Mempersiapkan pesawat lebih kepada melakukan pre flight check atas semua peralatan keselamatan yang ada di pesawat yang meliputi dimana tempatnya, bagaimana cara memakainya dan apakah alat tersebut belum expired..
Kemudian untuk chief pantry akan menghitung makanan dan memastikan babwa semua peralatan service tersedia..
Kemudian untuk pramugari yang punya tugas kabin harus memastikan bahwa setiap kursi punya lifevest kemudian mempersiapkan koran dan permen yang akan dibagikan untuk penumpang nantinya..
Begitu semua siap maka proses boardingpun dimulai..pasang muka senyum simetris dan sapa semua orang yang datang..moto saya sih selalu di jawab sukur ga dijawab ya sudah..susah toh kalau orang merasa dirinya terlalu tinggi untuk menjawab salam seseorang..selesai boarding maka seoran pramugari akan mengecek penumpang meliputi peneguran handphone yg masig menyala dan memastikan mereka mengenakan sabuk pengaman, menegakkan sandaran kursi dan melipat meja di depannya..
After take off sebagai orang yang bekerja di airliness full service maka kita akan melakukan penyajian makan dan minum..serta melakukan pengecekan berkala terhadap penumpang..
After landing adalah yang paling menarik,Kadang penumpang berpikir tugas kita selesai..oooo...tentu tidak...
Kita masih harus mengecek secara acak kursi penumpang memastikan tidak ada barang yang tertinggal,mengumpulkan koran dan merapihkannya kembali untuk penumpang yang nanti serta memperhatikan memperhatikan setiap orang yang bukan crew naik kepesawat..memastikan mereka punya id card dan tidak melakukan hal hal yang berbahaya..karena bagaimanapun kita adalah filter terakhir dari semua hal buruk yang mungkin terjadi di pesawat..


Gimana?
Pekerjaan ini cukup menantang bukan? Semakin membuat kalian ingin menjadi awak kabin atau malah mau mundur?
Its all your choice...


2 komentar:

  1. Thanks to keep updating the info..! :)
    Anyway mbak, klo pas masa training sampe benar2 jd pramugari itu berapa lama?
    Trainingnya sistem gugur juga dan ada pembayaran pinalti jika tidak melalui masa training?
    Oiya, kontraknya berapa lama?

    hehehe, bnyak nanya yah saya... :D

    (duh...jocelyn lagi...) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @jocelyn hai jocelyn (jocelyn lagi jocelyn lg ;p)
      Dari training sampe ke release dan inagurasi biasanya skitar 3-4 bulan..itu sudah termasuk flight training dan flight check...
      Masa training ga ada pinalti ko kalau sampai kamu failed..
      Bahkan kalau kamu sudah selesai ground school dan kamu berubah pikiran dan ga mau jadi aircrew ga ada pinalti ko kecuali kamu sudah sign kontrak untuk terbang selama 2 tahun..kontrak yang ada adalah 2 1 2...2 tahun di review 1x dan kemudian putusan final 2 tahun..jd total 3x perpanjang kontrak selama 5 tahun...dalam masa itu kamu bisa diangkat pegawai dan bekerja sampai usia 36...
      Ayoooo jocelyn dicoba dooong

      Hapus