Senin, 19 Agustus 2013

bad flight

Jadi pramugari selalu dituntut untuk terlihat sempurna kapanpun ada mata orang lain disana..dan begitu bikin kesalahan rasanya pengen lari kepojokan dan ngais ngais tanah :))
Seperti kata pepatah sepandai pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga..dan kalo pepatah menurut saya, seprofesional profesionalnya saya bekerja akhirnya salah juga..
Jadi, hari ini saya terbang dua hari..penerbangan domestik standar yang sudah sering saya lakukan...semuanya baik baik saja sampai saya melakukan kesalahan..
Saya kerja di bisnis class dengan penumpang 12 orang...tau apa yang saya lakukan?
Secara ga sengaja saya menumpahkan teko yang berisi kopi panas kelantai..sontak penumpang di nomor 1 angkat kaki..whAaa rasanya saya mau buka pintu dan kabur...sementara supervisor saya atau yang biasa disebut sebagai 'purser' tepat didepan saya..
Sumpah rasanya saya pengen nangis saat itu juga..bukan karena saya takut dicomplain *yang sangat mungkin terjadi* tapi lebih kepada perasaan berasalah karena mengacaukan kerjaan yang ada disaat saya ingin terlihat sempurna di depan seorang purser yang baik hati..
Ah rasanya tambah pengen terjun..

Sebagai seorang awak kabin yang ingin dinilai profesional maka yang saya lakukan adalah mengepel lantai dng tissue roll dan memasang muka tetap tersenyum walaupun darah rasanya turun ke kaki semua..
Selesai penyajian makanan, muka purser tetap tenang, ini justru yang membuat saya semakin panik..takut di damprat...tapi ternyata nggak lho...beliau cuma bilang "wajar kalau tiap manusia bikin salah"
Saya yang sok tegar langsung masuk toilet dan menangis sejadi jadinya...
Ini yang harus dipelajari untuk teman2 yang ingin jadi awak kabin...
Harus bisa mengatur emosi..harus bisa menjaga mimik wajah...kalau saya nangis di depan kabin, pasti saya dinilai tidak profesional..
Kalau urusan sepele saja saya erbawa emosi, bagaimana saat keadaan darurat? Disaat saya dibutuhkan banyak orang yang menggantungkan hidupnya pada kemampuan saya mengatur mereka keluar tepat waktu..

Selamat mencoba menjadi awak kabin...hope to see you on board :)


10 komentar:

  1. Mbak.. Saya mau ikutan coba seleksi FA Garuda Indonesia di Medan.. Aku umurnya 24.. Lagi kerja di perusahaan swasta.. Gak tau beberapa bulan ini tertarik pgn jadi FA.. Krn baru menyadari traveling itu seru.. Mbak kemarin waktu nyoba seleksi Garuda di umur brp mbak? :)

    BalasHapus
  2. @tina hutagalung, hai tina..thx for visiting my blog...waktu saya jadi aircrew saya umurnya 24..sama ko kaya kamu...krn sebelumnya saya kuliah dan kerja kantoran...trust me travelling as an aircrew itu banyak kesenangannya...
    Selamat mencoba yaaaa..semoga bisa ketemu nanti jadi rekan kerja saya :)

    BalasHapus
  3. Ahhh senangnyaa.. Aku pikir udah ketuaan untuk nyoba mbak..
    Aku googling2 banyak yang muda2 soalnya.. Hehe..
    Nah mbak waktu nyoba itu ninggalin kerja kantoran mbak dulu ato sambilan kerja sambilan nyoba?
    Persiapan apa aja yang mbak buat dulu ya?
    Soalnya aku ini bener2 buta sama dunia pramugari..
    Trus english saya juga gak terlalu fasih.. Apa pas interview bener2 harus english fasih ya mbak?
    Trus mbak waktu nyoba FA Garuda itu yang pertama kali test pramugari langsung lulus atau udah pernah beberapa kali coba test pramugari?
    Maaf ya mbak kalo pertanyaannya borongggg gini..
    Makasi banyak infonya mbak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @tina hutagalung hehehe its oke ko tina...pertanyaan borongan biar makin mantap yaaaa....
      Aku waktu itu tes garuda dl br keluar dr kantor..gimanapun juga nyari kerja itu ga gampangkan?actualky aq ikutan garuda krn diajak teman jd ga ada preparation sama sekali dan ga sepenuhnya niat dan ternyata aq ga nyesel sama sekali..
      Bahasa inggris yang penting kita bisa percakapan dasar lah ya...waktu pas interbiew biasanya 2 bahasa ko..tp begitu ground school buku materinya full bahasa inggris...jd kalo ga banyak vocabullary paling nggak hrs rajin baca kamus...
      Kamu tes kapan? Good luck ya buat percobaan pertamanya...

      Hapus
  4. Infonya test di Medan tgl 30 September mbak..
    Aku udah apply online di website rekrutmen-nya..
    Nih masih nunggu balasan emailnya..
    Mudah-mudahan aku bisa kayak mbak ya..
    Amiinnnn... :)
    Mbak nyobanya dari Jakarta ya mbak?

    BalasHapus
  5. @tina hutagalung iya aq cobanya di jakarta..kalo menurut aq sih kamu cukup tampilin penampilan yan prima, kulit yan bersih dan wajah yang bersahabat ketika tes pertama...karena semua selalu bergantung dng first impression...
    Mungkin kamu akan dpt balasan email 3/4 hr sebelum tes...selamat dag dig dug ya :)

    BalasHapus
  6. Iya mbak..
    Ini masih lama aja udah dag dig dug..
    Makasi banyak infonya ya mbak..
    Ntar bagaimana kelanjutannya aku mampir kesini lagi..
    Wish me luck mbak.. :)

    BalasHapus
  7. mbak mau tny dong.. kalo mata minus msh ada kmungkinan jd FA nggak y?? aku minus 1 soalnya hehe
    thanks infonya :)

    BalasHapus
  8. I feel you....pernah sih ada momen2x dimana saya berharap bisa kabur atau punya jubah menghilang ala Harry Potter.... :) Namanya juga manusia wajar berbuat kesalahan....

    Beberapa kali saat terbang dengan maskapai asing saya melihat awak kabin yang bete terutama ketika menghadapi penumpang yang rese.... meski berusaha bersikap profesional, ya tetap kelihatan lah....tapi memang si penumpang nyebelin banget, ribut dan banyak permintaan, apalagi yang setengah mabuk...

    Kalau saya amati, awak kabin yang profesional biasanya bisa menghadapi kesalahan yang dibuat dengan besar hati, malah kadang dibawa bercanda untuk mengurangi ketegangan dan didukung oleh rekannya yang mensupport secara moral....salut deh kalau begini....

    BalasHapus
  9. Kak aq hari kamis 20 maret14 background check
    Aq mw tanya donk kaak, background check itu qt di interview lg / gmn ??? Yg aq baca katanya di tanya tntng kewarganegaraan bener gak sih kaak !!! Kira2 seperti apa yaaa !!! Soalnya aq dah setengah jln tahap seleksi kaaak terima ksh

    BalasHapus