Kamis, 19 Desember 2013

Memberikan penumpang sebuah Garuda Experience

temen temen yang mau jadi pramugari pasti udah sering dengerkan kalo Garuda selalu menekankan sebuah Garuda Experience alias sebuah pengalaman terbang yang menyenangkan untuk semua penumpang Garuda Indonesia..
cuma sayang sih akhir akhir ini ada beberapa temen atau orang orang yang emang frequent flyer suka pada bilang "Enakan di serve sama pramugari yang udah senior banget biar mukanya jutek tapi orangnya ramah, beda sama junior sekarang, mukanya ramah, wajahnya cantik tapi juteknya ga ketolongan"
sedih sih dengernya, gimanapun juga sebenernya proses regenerasi ini malah ga dismbut positif sama orang orang yang emang frequent flyer..
sebenernya wajar, mereka biasa di serve sama pramugari yang udah punya pengalaman banyak, ga bisa dipungkiri yang namanya jam terbang itu pasti membentuk karakter seseorang yang ga bisa simsalabim ada gitu aja.

nah balik lagi sama Garuda Experience ini, sebenernya apa sih yang di harapkan?
dalam pandangan saya sendiri, sebenernya ini cara kita memperlakukan penumpang, gimanapun juga banyak kepala, banyak pendapat dan banyak harapan yang ga mungkin sama tapi tujuan perusahaan cuma satu ko..membuat sebuah branding di kepala setiap penumpangnya. begitu inget pesawat terbang maka Garuda lah yang bakalan keluar dari mulut mereka, bukan merk lainnya.

gimana caranya?
sebenernya simpel, mudah dilakukan asal mau dan bener bener niat...

buat saya sendiri menurut pengalaman nyaris lima tahun terbang, sebenernya penumpang itu butuh diperhatiin ko...
cuma butuh dijawab dengan sopan, dan dikasih senyuman,,,its more than enough...
kalo nanya koran ya kalo ada segera dikasih, kalo nunggu lungsuran dari bisnis class ya dicatet aja dl nomornya biar inget..
kalo minta selimut as soon as possible ya dikasih...buat apa sih disimpen simpen kalo emang yang minta ibu ibu atau kalau emang bapak bapak ya diminta aja nunggu sebentar tapi jangan sampai lupa.
masalahnya pramugari itu cuma short term memory yang pendek ko..
terlalu banyak yang dikerjain dan tiba tiba lupa tadi orang ngomong apa...
belajar juga untuk care sama anak kecil.
kalo emang ada baby yang kira kira masih menyusui,coba tawarin ibunya selimut biar lebih nyaman saat menyusui
kalo anaknya tidur, coba dikasih selimut..
perhatian kecil tapi artinya banyak..
coba juga sekedar berbasa basi sama penumpang, at least nanya apa kabar atau tawarin koran kalau emang tempat kalian berdiri dekat sama meja koran.
bantu juga mereka nyari tempat untuk bagasinya, bantu atur bukan angkat...
last but not least, say something..show the magic words..
sebagai pramugari airliness full service, pasti ada yang namanya bagiin makanan dan minuman...jangan diem aja waktu bagiin...at least bilang selamat makan
kalau dikasih sampah bilang terima kasih.
bingung kan kenapa dikasih sampah malah kita yang bilang terima kasih?
karena mereka paling nggak bantu kalian menjaga kebersihan kabin.

penumpang bayar mahal, mereka berharap kenyamanan dan profesionalitas...
ketika mereka merasa aman dan nyaman, harga bukan lagi jadi masalah...jam bukan lagi jadi penghalang..
apa untungnya buat pramugarinya?
jam terbang pasti semakin banyak karena makin banyaknya rute yang dibuka, jam terbang makin banyak maka pemasukan bulanan makin banyak...lumayankan bisa buat bayar cicilan panci :D


1 komentar: