Kamis, 19 Desember 2013

sh*t does happen in a nice flight

bisa bayangin terbang domestik yang dihajar pagi tiap hari? apa yang bisa bikin kalian kuat ngelakuinnya selain dapet crew yang menyenangkan...yuph, i dont lie about that...
tumben tumbenan dapet 1 set crew yang bener bener bikin girang...
captain nya okee banget, first officernya kece kece, pursernya ga rewel, juniornya capcus semua.. why should i asked for more?
tapi kaya kata pepatah, ga ada yang sempurna di dunia ini.. semua pasti punya cela...
yaph, si cela pun datang di hari terakhir, di landing terakhir..
semuanya tampak baik baik aja, penumpang penuh, semua gembira semua senang..siapa yang bisa ngilangin rasa senang mau pulang ke rumah?
no one right?
sampe tiba saatnya boarding and shit does happen this time...
belum security check *yaph before boarding time you need to ensure if everything clear and no suspect items or unattended items on the plane* tiba tiba penumpang datang...tiba tiba captain marah gara gara belum saatnya boarding dan beliau dapet penjelasan yang paling nggak masuk akal...kita di buru waktu?
hah?
gimana cerita?
ini pesawat udah telat datang dan semua sekarang ditumpahin ke aircrewnya?
alasannya klasik, biar mereka ga dikejar kejar penumpang dan biarkanlah penumpangnya marah sama crewnya...
damn you ground staffs..
abis itu yang parah adalah semua penumpang di suruh turun, can you imagine that?
semua orang udah siap berangkat dan dipaksa turun lagi karena emang kita belum security check...
kebayang mukanya semua orang?
and im all alone on the rear galley...hold the passenger so they cannot board the aircraft...
as a flight attendant all i need is think fast and create some silly 'real' reason instead of saying the real 'truth' reason..so no one gonna complaint you right?
tapi yang namanya bad luck ga akan pernah berenti disana aja...
dan sebuah krisis dalam penerbangan akan menunjukkan sifat asli diri kita...
tau apa yang terjadi berikutnya?
one of my chinesse mainland passenger got sick...
with no english at all....
tour guidenya pun bahasa inggrisnya terbatas...
kondisinya udah ga mungkin untuk terbang, too low sugar blood pressure gitu kata dokter bandara...
ga boleh terbang!!! itu final decisionnya...
tapi dia sama sekali ga bikin semuanya jadi mudah, he refuse to get off from the plane...
semua penumpang mulai ricuh, semua penumpang mulai KEPO *u know lah orang indo kalo liat kaya ginian*
satu bule teriak " I pay such an expensive tickets for flight on time not for a humanity"
satu orang indo yang kepo mulai nanya nanya ada apaan...
ibu ibu yang lain sibuk nelpon keluarganya bilang kalo mesin pesawat rusak *ini dia dapet info darimana coba*
and the worst part adalah my purser dont want to come and see whats going on....
kerja bertahun tahun ternyata ga akan bikin orang berani juga ngadepin masalah...
sisanya siapa?cuma saya dan 3 orang junior yang sibuk keliling cabin...
saya sibuk nyuruh tour leader ngeyakinin si bapak yang sakit ini turun.
satu junior saya sibuk komunikasi dengan captain
dan dua junior saya sibuk nyuruh semua orang matiin handphone dan ga usah ngambil foto...
this is such a tragedy not a party...

thanks god di flight ini saya ditemani 3 junior super yang mau kerja keras dan mau ngadepin penumpang...

dan seperti kata pepatah, pasti ada pelangi setelah hujan deras...

setelah waktu debat panjang dan flight yang melelahkan kami berempat plus captain dapat compliment dari miss Suhaila Nordin one of the kind passenger that help me to argue with the tour leader...

gini isinya :
 tToday's flight experienced a very difficult passenger situation that showed an impressive, patient and well trained economy class (Y) cabin crew team, also acknowledging the captain that took matters into control by coming out to address the passenger. god job to team, stay veal and tune !!!!

inti dari cerita ini sih sebenernya sebagai seorang pramugari kita harus siap siaga dan mampu ngatasin masalah apapun...mungkin ga cuma kerjaan pramugari kali ya, tapi kerjaan apapun...
dan harus bisa mikir cepet, kerjaan di udara macam ini semua perhitungan pakainya detik..
how we think, how we react will show the different result...
dan gimana caranya semua orang yang marah akhirnya ngasih compliment ke kita...
paling nggak nunjukin kalo dalam keadaan tertekan sekalipun kita bisa bersikap profesional dan mencari jalan keluar...

good luck for you who wanna be a flight attendant....
paling nggak ini bisa jadi gambaran gimana pola kerja seorang pramugari :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar