Minggu, 21 September 2014

Miss Jamban Wannabe


Sumpah yaaa...paling empet, sebel, kesel kalo liat penumpang yang belagunya setengah mati tapi begitu keluar dari toilet keliatan joroknya...
entah ga ngeflush toilet entah ga mau ngeringin air di wastafel..sebenernya bisa jadi karena dua faktor, yang pertama adalah gaya belagunya cuma wannabe tapi dirumahnya ga punya wastafel jadi ga tau cara ngeringinnya supaya airnya ga genang sama dia ga ngerti cara ngeringinnya
walau iya sih salah satu tugas pramugari itu udah tertulis jelas kalau ada bersihin toilet dan lain sebagainya, tapi mbok ya sesuaikanlah gaya sama tingkat keliatan beradanya..
ini berlaku juga sih buat yang baru pertama kali naik pesawat dan ga kepengen keliatan ga ngerti sama sekali pakai toilet pesawat yang kadang emang rada ajaib.
tapi seumur saya jadi pramugari, saya bisa lho lama2 bedain mana orang yang biasa traveling / tinggal di hotel mewah mana orang yang belaga keliatan mewah..
semua orang yang biasa naik pesawat bahkan jika dia berdasi sekali pun kalau habis pakai toilet pasti airnya ga genang..wastafelnya cuma keliatan basah bekas pakai aja..

i'll tell you the 9 steps of cleaning out my wastafel, inget ini berlaku juga buat para wannabees yang mau jadi pramugari..pikirin sisi ga enak disebelah sini ya..jangan cuma kepikiran jadi pramugari karena mau jalan jalan sama mau gegayaan..well hey, kaya yang saya pernah bilang di post post sebelumnya yang entah yang mana kalau kerjaan pramugari itu palugada alias apa lo mau gue ada urutan yang ada berdasarkan gambar diatas yaaa...jadi coba cermati gambarnya dengan seksama..the picture shows you everything ko *abaikan tangan saya yang semakin lama semakin buntet yaaa*

1. Gambar pertama nunjukin kondisi wastafel ketika air dari kran baru keluar..heyhoo...ini bukan wastafel yang punya sumbat kaya di bathtub atau ditempat cuci piring ibu kamu dirumah ya..jadi airnya ga bisa simsalabim turun sendiri..it need a lil effort..
2 / 3. ada toogle *bahasa indonya apa yah buat toogle? ya pokoknya itulah dipencetan yang nempel bareng sama kran.. ada yang disampingnya pas ada yang agak kepisah..pokoknya pencet pencet aja..kalau salah paling kalian mencet toogle sabun :D *yang bisa kalian tekan sampai lamaaaa..sampai airnya habis..
4. kalau kalian perhatiin di dalam toilet pesawat selalu ada tulisan "untuk kepentingan penumpang lain mohon anda menyeka kembali baik air, terima kasih" naaah pake apaan nyekanya? ga mungkin juga pake baju kita kan?
5 / 6. nah solusinya pake paper toilet napkin..paper toilet napkin itu bentuknya agak lebar dan kasar biasanya ada di atas wastafel diruang ketutup gitu atau pada beberapa pesawat ada di samping kran air..bedain sama face towel gimana?
face towel / tissue itu yang kaya paseo itu..kena air hancur...kalau paper toilet napkin itu ga hancur ko..tinggal di seka aja di wastafel yang airnya sudah habis tadi
7 / 8. abis itu tinggal buat ke dalam trash bin alias tempat sampah..kadang saya suka heran juga sama orang yang malas baca dimana letak tempat sampah dan ngebiarin tissue bekas pipis berserakan dimana mana..
tau ga sih kalau air pipis itu banyak kumannya? kebayang ga seberapa banyak bakteri yang mungkin bikin orang sakit..buat saya secantik apapun seganteng apapun langsung down grade begitu mereka jorok soal toilet..kenapa? toilet itu bagaikan ruang pribadi yang mencerminkan diri kita kalau pakai toilet aja jorok gimana yang lain?
gimana cara tau dimana tempat sampahnya? gampaang tiap tempat sampah di dalam toilet itu ada logo orang buang sampahnya ko..kalau ga bisa liat logo itu coba dicari dimana yang ada flip dan letaknya ga jauh dari wastafel..di B 777 ada 2 posisi buat tempat sampah ada di samping atau dibawah wastafel..tinggal tergantung niat aja mau buang dimana..
9. voila..bersih lagi deh...

tiap terbang saya selalu happy lho kalau ga ada air ngegenang di wastafel..bukan karena saya jijik atau gimana..well hey, jadi pramugari kalau kebanyakan jijik-an bisa kena thypus dan meninggal cepat karena ga bisa makan..cuma menurut saya akhirnya ada yang berasa bahwa mereka itu sebenarnya tamu dirumah saya..dan saya dengan bangga menyebut mereka tamu bukan penumpang :D

ada kejadian dimana ketika saya lagi makan, penumpang mengeluh toiletnya ada p*p yang ga bisa ke flush bersih..dengan cueknya saya bisa ambil air panas, bersihkan dan kembali makan..ahahha life as that hard isnt it?


XoXo


1 komentar:

  1. Baru kali ini bisa koment di blog Catatan Sang Pramugari, hehehe (sblmnya hnya bs bc sja). Isinya menarik dan informatif bari para FA Wannabe.
    Salam kenal dari singkawang :)

    BalasHapus